Monday, June 20, 2016

Rental Mobil Jogja ke Candi Borobudur? Ayo Sekalian Ke Candi Pawon: Candi Istimewa Dinasti Syailendra







Anda mungkin sering pergi ke Borobudur, namun belum pernah atau jarang mendengar tentang Candi Pawon. Padahal, jalan-jalan ke Borobudur tak lengkap jika tidak ke Candi Pawon dan Candi Mendut. Karena ketiga Candi tersebut letaknya tidak terlalu berjauhan. Jadi Anda bisa menikmatinya dalam sekali langkah, menggunakan rental mobil Jogja yang harganya bersahabat dan tersedia banyak pilihan. Ketiga candi memang berada di Kabupaten Magelang. Candi Mendut berada di Mungkid Magelang. Jaraknya hanya sekitar 3 KM arah timur dari Candi Borobudur.
Sementara Candi Pawon berjarak 2 Km dari Borobudur dan 1 KM dari Candi Mendut. Jadi ketiga candi ini berada dalam satu garis dimana sumbu atau pusatnya adalah Candi Pawon. Karena itu, banyak yang menilai Candi Pawon punya keistimewaan tersendiri pada masanya. Candi Pawon, sama dengan Candi Mendut dan Candi Borobudur, merupakan Candi Budha. Namun apabila dilihat dari bentuknya yang cukup ramping khas candi-candi Hindu, Candi Pawon seperti perpaduan candi Hindu dan Budha.

Di Candi Pawon pun, Anda akan disuguhi arsitektur candi yang menarik, relief dan pahatan pada dinding yang unik dan cerita sejarah candi tersebut. Karena itu tak perlu ragu untuk melakukan kunjungan ke candi tersebut. Selain istimewa dan Anda akan belajar banyak hal, menggunakan sewa mobil murah Jogja pastinya lebih hemat dan memuaskan. Berwisata ke candi seperti halnya Candi Pawon memang selalu akan membuat terkagum-kagum. Anda akan dihadapkan pada prasasti peninggalan abad-abad lampau, yang seolah bercerita tentang kejayaan di negeri ini pada masa lalu.
 Bagaimana manusia, pada jaman itu bisa membuat candi yang indah, apa tujuannya dan apa maksud dari aneka relief, patung dan arca serta bentuk candi itu sendiri. Semua tentunya memiliki makna. Candi Pawon dipercaya sebagai bagian dari Candi Borobudur. Menurut referensi sejarah, Candi ini adalah tempat penyimpanan jenazah Raja Indra, dinasti Syailendra. Raja Indra sendiri hidup pada abad 782-812 Masehi. Hal ini terlihat dari nama Candi Pawon yang berarti Per-Awu-an, atau perabuan. Sehingga dipercaya sebagai tempat penyimpanan abu dari Raja Indra.

Namun, ada juga referensi yang berpendapat lain. Yaitu, Candi Pawon yang memiliki nama lain Brajanala adalah tempat penyimpanan senjata milik Raja Indra. Brajanala diyakini berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti halilintar dan api. Candi Pawon memang agak berbeda. Bentuknya yang terbuka tak sama dengan candi lainnya. Ia, terbuka di enam sisi arah mata angin. Letak Candi Pawon juga berada di dalam area pemukiman. Selain itu candi ini cukup sepi, tak seperti Candi Borobudur yang selalu ramai dikunjungi orang.

Anda bisa cukup puas menikmati relief sepasang burung berkepala manusia, bodhisattva dan aneka relief lainnya yang masih bisa dilihat dengan jelas. Jika Anda berencana mengunjungi Candi Pawon, kemudian sekalian ke Candi Mendut dan Borobudur dari Jogjakarta, tak perlu ragu untuk menggunakan jasa sewa mobil Jogja. Anda bisa mendapatkan informasi sewa mobilmurah Jogja melalui situs web, atau pusat informasi wisata di Jogja. Pilihlah rental mobil yang pas dengan budget dan tentu selera dan kenyamanan Anda.

Apabila Anda berencana pergi ke Candi Pawon bersama rombongan Anda bisa mendiskusikan daftar harga rental mobil Jogja sesuai dengan keinginan rombongan. Jika Anda menggunakan supir sewaan, Anda bisa mendiskusikan dengan pemilik rental tentang tujuan wisata Anda. Anda tak perlu khawatir tersesat atau terjebak macet. Jalur Jogja ke Candi Pawon merupakan jalur umum yang nyaman dan baik. Anda akan disuguhi pemandangan yang asyik dan beberapa spot wisata lainnya. Jadi pergunakan waktu Anda secara optimal dalam menikmati perjalanan.

 Jika Anda menggunakan Docar rental mobil Jogja ke Candi Borobudur, jangan lupa untuk sekalian mengunjungi Candi Pawon. Candi ini hanya 1 KM dari Borobudur.